Minggu, 08 Mei 2011

Kinerja Wasit Oky di Balik Derby Borneo

Dalam tulisan ini saya paparkan kekesalan terhadap wasit yang memimpin antara tim kesayangan dan juga kebanggaan tim Kota Balikpapan Persiba Balikpapan waktu melawan Persisam Putra Samarinda kemarin tanggal 8 mei 2011, klo mau di lihat sejarah kedua tim yang berasal dari ibukota Provinsi yaitu Persisam dan yang ke dua dari gerbangnya kaltim kota Balikpapan yaitu Persiba selalu sarat dengan gengsi,ejekan antar supporter sudah ga ter elakkan lagi karna mungkin sama-sama gengsi mana sebenarnya yang terbaik di kaltim,dari ngoloknya yang minta ampun katanya” apa tu persiba lapangan nya kaya kandang babi dan ga layak di pakai main”sedangkan dari supporter Balikpapan membalas “ Apa tu Persisam stadion aja di andalin tapi ko luar pada banjir, itu kah namanya ibukota Provinsi”dan msih banyak lagi celotehan-celotehan yang ga jelas.

 Kembali lagi dalam pertandingan kemarin yang saya liat dalam kaca mata  pertandingan tadi banyak kejadian-kejadian yang merugikan tim beruang madu,di antaranya wasit hanya memberikan kartu kuning kepada kipper Persisam yang jelas-jelas menepis bola di luar kotak enam belas dan yang saya tahu ini planggaran berat dan hukumnya wajib kartu merah bagi seorang kipper apa itu sengaja ga tau atau memang pura-pura ga tau oleh wasit, Dan yang ke dua Pada menit ke-58 wasit kembali membuat keputusan kontroversial yang merugikan Persiba. Sultan Samma yang berhasil mencetak gol setelah menerima umpan panjang dari rekannya, dianulir oleh wasit karena hakim garis melihat Samma berada di posisi offside. Padahal apabila dilihat dari tayangan ulang, posisi Sultan Samma berada di posisi onside,dan juga yang aneh ketika Mijo Dadic mendapat kartu kuning mungkin terlalu banyak protes…eh malah Aldo yang kena catatan kuning,untung di protes lagi ma dadic dan kmudian di cabut atas kartu kuningnya dan masih banyak lagi tapi ga usah di ungkapin smua ga enak ntar ga cukup lagi halamannya heeee….

Setelah saya search dan nyari-nyari info,siapa sih sebenarnya wasit yang memimpin antara pertandingan Persisam Kontra Persiba di laga derby tadi…ternyata dia adalah OKI Dwi Putra berasal dari Jabar…dia adalah satu wakil dari wasit Indonesia dan terpilih pada pemantapan wasit elite se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bila Asia (Asian Football Confederation) / AFC di Kuala Lumpur Malaysia, Senin 29 Juni 2009 .

Dan ternyata cacatnya seoarang Oky yang katanya notabene wasit terbaik ISL sementara ini bukan terjadi sama Persiba Balikpapan aja,ada beberapa tim yang di ragukan juga oleh Oky ketika sriwijaya bertandang ke markas Persisam dengan kasus sampai terjadi seoarang Okto menanduk kepala wasit Oky sangking keselnya dengan kinerja kepemimpinan Oky…..inilah yang saya petik dari beberapa sumber tentang ungkapan seorang pelatih Sriwijaya waktu Sriwijaya bermain di Persisam juga” “Saya marah dengan kepemimpinan wasit saat melawan Persisam. Bila, wasit itu masih memimpin dan melakukan hal yang sama seperti pertandingan lalu, saya yang akan memukul dia (wasit, red),” kata Ivan Kolev saat dihubungi, kemarin (18/1).
 Menurutnya, bila kecurangan-kecurangan yang dilakukan wasit masih berlaku dipertandingan lawan Bontang nanti. Dirinya tak tahu harus berbuat apa. “Sekarang, kami tidak bisa berbuat banyak. Bila tim bagus, permainan bagus, tapi wasit jelek, tetap saja kalah,” imbuhnya.
 Wajar, bila Kolev sangat berang dengan kepemimpinan wasit Oki Dwi Putra yang memimpin saat melawan Persisam. Menurutnya, setelah melihat rekaman video pertandingan, banyak kejanggalan yang dilakukan Oki.
 Seperti, saat gol pertama, dimana Ahmad Sembiring terlebih dahulu menarik Claudiano Alves Do Santos. Begitu juga dengan aksi tanduk Oktovianus maniani. Pasalnya, hal itu dilakukan sangat wajar. Sebab, Okto sebelumnya dilanggar oleh Ahmad Sembiring, dengan mengakat kaki sangat tinggi. Tapi, justru Okto yang diberikan sanksi.
 “Setiap pemain lawan melakukan pelanggaran tidak pernah diberikan sanksi atau kartu. Justru, pemain kami yang diberikan kartu kuning atau merah. Kejadian ini sangat buruk dipersepakbolaan,” ungkapnya.
 Mantan arsitek Timnas Indonesia menambahkan, kontroversi wasit Oki Dwi Putra sebenarnya bukan kali pertama dilakukan untuk Sriwijaya FC. Pasalnya, beberapa laga Sriwijaya pernah dikerjai wasit asal Bandung itu.
 “Dari info yang berkembang, bukan kali ini saja wasit itu melakukan kesalahan terhadap Sriwijaya. Mudah-mudahan, dipertandingan nanti, bukan Dia (Oki) yang memimpin,” tambahnya.
 Bahkan, terlalu kesalnya dengan kepemimpinan wasit, Ivan Kolev sendiri tak mau berkomentar soal tim lawan. “Saat ini saya tidak mau berkomentar soal tim lawan. Saya masih dipusingkan dengan kondisi tim dan kepemimpinan wasit disini (ISL Red),” pungkasnya.”dan masih banyak lagi ketika Tim Persija bertandang ke Arema dan selalu memihak tuan Rumah Arema dan ini juga di pimpin Oleh wasit Oky……….Sekarang yang jadi Pertanya’an :

1.     1.   Apakah wasit yang benar berlisensi FIFA Seperti Oky ko masih tingkahnya kampungan dan apa            sebenarnya di balik penunjukan Oky sebagai Duta Wasit Indonesia sementara ini??
2.     2.  Kenapa Derby Borneo ko di pimpin Oleh Oky dan sementara seorang Oky track record nya jelek ketika Persisam menjalani tuan Rumah melawan Sriwijaya FC dan juga menguntungkan tim tuan Rumah??

Saran saya buat PSSI dan di bawahnya PSSI yaitu Badan Liga Indonesia Kalo bisa dalam setiap pertandingan di lapangan ada dua tim kepengawasan dan sementara ini yang sudah berjalan TiM pengawas Pertandingan dan  yang kedua TIM pengawas Wasit,Tim Pengawas Wasit adalah wajib mengontrol kinerja wasit mana yang ga becus kepemimpinannya dan ini wajib di laporkan Badan Kepemimpinan Wasit dan Badan Kepemimpinan Wasit wajib mengambil tindakan setelah melihat kejanggalan pertandingan yang di pimpin wasit setelah melihat hasil video rekaman pertandingannya,dan kalo ada ke janggalan wajib menegur dan member sanksi yang layak kepada wasit tersebut.
Catatan
Kami tidak membenci saudara kami dari pusamania dan kami akui kekalahan ada di pihak kami dan kami uplaus buat Persisam yang telah memenangi Derby Borneo ini….yang kami benci sekarang adalah kinerja wasit yang ga becus, di pertandingan mana aja walaupun tim mana aja saya pribadi mengutuk kepemimpinan wasit yang ga becus dalam memimpin pertandingan dan walaupun wasit membela Tim Persiba entah itu di kandang yang notabene berpihak ke tuan rumah kami siap membenci wasit kalua dia bertugas ga benar.

Wajar kami ungkapkan seperti ini karna kami Cinta Sepakbola Indonesia dan ingin melihat Sepakbola Indonesia Kea rah yang lebih baik,Saran kami juga, kami sepenuhnya mendukung siapa aja yang naik di pemilihan Ketua PSSI yang baru asal bisa membawa PSSI ke jalur yang benar dan jangan asal-asalan memimpinnya.
Eh ada yang kelupa’an  setelah search2 di FB sekalinya ada facebooker group yang membenci juga atas kinerja wasit Oky dwi putra, ini link nya http://www.facebook.com/group.php?gid=121280077908905,  klo mau gabung bole2….ga da yang larang ko,inikan bentuk kepedulian kita atas kinerja wasit yang ga becus.

Trima Kasih Sepakbola Indonesia dan Repair perwasitan sepakbola Indonesia, Wassalaam( abie)

3 komentar:

amat pst biruhitam mengatakan...

sepakat bii....
salam beruang madu, BRAVO PERSIBA BALIKPAPAN

8 Mei 2011 pukul 21.31
abie ynwa mengatakan...

okeee mat...mntaaaap,bravo bruang maduuu....,micro borneo tiada duanya ckkkk !

8 Mei 2011 pukul 22.40
Pusam mengatakan...

Heran sepakbola Indonesia kalau saat tim tuan rumah didukung habis-habisan oleh wasit bahkan meskipun keputusan wasit kontroversial dan merugikan tim tamu selalu saja diam, acuh dan tak mau tau dengan tim tamu yang dirugikan yang penting kemenangan diraih poin di dapat.

Tetapi begitu tim tersebut menjadi tamu dikandang orang dan mendapat perlakuan sama alias di anak tirikan pada saat diluar kandang langsung serentak suara vokal bermunculan tanpa perlu komando menyalahkan wasit dengan keputusan kontroversialnya dan menuding wasit sebagi penyebab kekalahan tim kesayangan mereka dikandang lawan.

Wasit kalau mau dicari kesalahannya ya banyak karena wasit juga manusia biasa wong wasit kelas piala dunia aja masih melakukan kesalahan seperti kesalahan yang seharusnya gol tp gak dianggap gol atau seharusnya offside gak offside hahaha..

Menurut ane sih ini hanyalah karma dan udah balance kok, kalau dikandang kita diuntungkan tapi kalau diluar kandang kita yang dirugikan itu bisa kita liat hampir merat disemua tim.. Jadi adilkan dan tak ada yang dirugikan??? hahaha..

Lagian kalau menang tipis 2-1 baru nyesak banget karena tim tuan rumah benar2 dibantu wasit lah ini orang menang 4-1 biar gol yg dianggap gak offside itu masuk juga tetap aja kalah...

Kemarin kami mempersalahkan bermain dilapangan yang tidak layak karena lapangan begitu "berlumpur" sehingga aliran bola saaaaaaaaaaaaaaangat sulit berjalan, dan sekarang kalian mempermasalahkan wasit.... Adil toh sama2 mempermasalahkan??

Kalian menggambarkan kami "menculasi" sriwijaya FC oke tanpa panjang lebar, pertanyaanya apakah kalian juga suci? Baca link dibawah ini

http://bola.okezone.com/read/2010/10/28/49/387591/kontroversi-persiba-imbangi-bontang

S41AM

16 Mei 2011 pukul 11.35

Posting Komentar